Adhika Raih Juara 2 Nasional Cabang Membuat Game di Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) 2025

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh siswa SMP Negeri 3 Banguntapan dalam ajang Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) 2025 yang berlangsung di Hall 8 ICE BSD, Serpong, Tangerang, Banten, pada 23–26 Oktober 2025. Dengan mengusung tema besar “Technology for New Era”, kegiatan ini menjadi momentum penting bagi pelajar Indonesia untuk menampilkan karya inovatif di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Adhika Mulia Haryanto, siswa kelas 7A berhasil meraih Juara 2 Nasional dalam cabang lomba Membuat Game. Karya gim yang ia ciptakan berjudul “Quantum Quest”, sebuah permainan edukatif yang menggabungkan unsur hiburan, logika, dan pengetahuan tentang teknologi komputer.

Game Quantum Quest dikembangkan menggunakan aplikasi Builda selama 14 hari. Terinspirasi dari permainan klasik Mario, Adhika mengembangkan ide baru yang menggambarkan perjalanan untuk “menghidupkan kembali dunia digital” dengan cara menemukan bagian-bagian komputer yang tersebar di berbagai level permainan. Setiap tahap dirancang untuk menantang pemain berpikir logis sekaligus memahami peran komponen komputer dalam sistem yang utuh.

“Membuat Quantum Quest adalah pengalaman berharga. Saya belajar bagaimana ide bisa diwujudkan jadi game yang bukan hanya seru dimainkan, tapi juga punya pesan tentang pentingnya memahami teknologi,” ungkap Adhika.

Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa siswa SMP mampu berinovasi di ranah digital dan berperan aktif dalam era teknologi baru. Dukungan sekolah serta pendampingan guru menjadi faktor penting yang mendorong semangat belajar dan eksplorasi siswa di bidang informatika.

Dengan semangat belajar, berinovasi, dan berbagi, prestasi ini diharapkan mampu menginspirasi siswa lain untuk terus mengembangkan potensi diri khususnya di bidang teknologi dan informatika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *