Review Kurikulum SMP Negeri 3 Banguntapan

Acara Review Kurikulum yang dilaksanakan SMP Negeri 3 Banguntapan untuk tahun ajaran 2017/2018 pada hari Selasa, 25 Juni 2017 pada pukul 09.00 WIB yang bawakan oleh Ibu Ninik Purwantini, M.Pd dihadiri oleh seluruh guru, staf, serta perwakilan siswa dan wali murid SMP Negeri 3 Banguntapan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengkaji kembali dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan kurikulum yang telah diterapkan sehingga hasil dari perbaikan tersebut dapat meningkatkan pembelajaran yang digunakan saat ini.

Review Kurikulum ini dipaparkan oleh Bapak Rifai, M.Pd sebagai tim pengembang kurikulum yang menjelaskan tentang penyesuaian kurikulum dengan sistem sekolah piloting PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Kurikulum SMP Negeri 3 Banguntapan terdiri dari 6 BAB, yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Tujuan SMP Negeri 3 Banguntapan, Bab III  Struktur Muatan Kurikulum , Bab IV Kalender Pendidikan , Bab V Pengembangan Silabus dan RPP, Bab VI. Penutup

Ibu Kepala Sekolah Dr.Titik Sunarti W, M.Pd memaparkan bahwa “SMP Negeri 3 Banguntapan sebagai sekolah piloting PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) sehingga mendapatkan SK dari kementrian pendidikan untuk menerapkan 5 hari di sekolah bersama 3 SMP di Bantul diantaranya : SMP 1 Bantul, SMP 2 Bantul, dan SMP 1 Sewon.”

Pengawas Dinas Bapak Maryana, M.Pd juga menjelaskan bahwa “kurikulum juga harus bisa mengakomodir kararkter siswa untuk lebih berkarakter dan cinta lingkungan”. Selain itu Bapak H.Mukriyanto, S.Pd sebagai dewan sekolah juga memberikan pengarahan bahwa dengan adanya program sebagai sekolah Piloting untuk menerapkan sekolah PPK dengan 5 hari disekolah, beliau Bapak H.Mukriyanto, S.Pd menghimbau agar kurikulum untuk 5 hari di sekolah jangan sampai membuat siswa maupun guru kelelahan fisik dan psikis.

Selain masukan dari Pengawas Dinas dan Dewan Sekolah, masukan saran juga masuk dari wali murid dan guru. Bapak Anto selaku perwakilan dari wali murid dari kelas IX SMP Negeri 3 Banguntapan memberikan masukan agar di dalam kurikulum 5 hari di sekolah siswa lebih diperhatikan bagaimana kebersihan lingkungan dan bagaimana dengan makan siangnya. (fandi)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.