PEMILOS SMP Negeri 3 Banguntapan Masa Bakti 2017/2018

Sabtu, 29 Juli 2017 pengurus OSIS dan siswa kelas 7 hingga 9 melaksanakan PEMILOS di halaman basket SMP Negeri 3 Banguntapan. PEMILOS atau Pemilihan Ketua Osis ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk memilih pemimpin bagi siswa-siswa SMP Negeri 3 Banguntapan dan dapat membantu berjalannya kegiatn sekolah serta sebagai penghubung antara siswa dengan kepala sekolah, guru, dan karyawan sekolah.

Dari hasil pemungutan suara di dapat hasil reapitulasi pemungutan suara yaitu nomer urut satu M. Hafid (8G) mendapatan 189 suara, Dhony S. (8H) mendapatkan 303 suara, dan M. Axel mendapatkan 85 suara. Sehingga untuk Ketua Umum OSIS tahun masa bakti 2017/2018 diduduki oleh Dhony S. sebagai Ketua Umum OSIS baru.  Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pemilos yang di lakukan oleh siswa yang baru pertama kalinya melakukan pemilihan ketua OSIS.

  1. Menciptakan Pengalaman Baru

Jika seseorang baru pertama kalinya melakukan pemilihan atas hak dan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia, tentunya dengan adanya pemilos tersebut mereka akan mendapatkan sebuah pengalaman dan pengetahuan, yang tentunya berkaitan dengan sistem pemilihan yang ada di negaranya. Dengan melakukan pemilihan untuk ketua OSISnya, maka mereka akan mendapatkan informasi atau pengetahuan tentang tata cara pemungutan suara dalam pemilos .

  1. Melatih untuk bersosialisasi

Dengan datang mengunjungi tempat dimana pemilos melakukan pemilihan, maka tentunya siswa akan bertemu kakak kelas dan adik kelas, baik yang menjadi panitia, guru, maupun orang-orang yang turut hadir menyumbangkan haknya untuk memilih. Dengan pertemuan tersebut maka manfaat pemilos untuk siswa tersebut adalah mereka dapat bersosialiasi.

  1. Belajar untuk bertanggung jawab atas haknya

Seseorang yang memiliki hak untuk memilih, tidak hanya memilih begitu saja. Namun dengan memilih seseorang, atau memilih calon ketua OSIS maka seseorang harus bisa mempertanggung jawabkannya. Dengan memilih calon ketua OSIS, maka kita harus siap dengan segala tindakan yang ketua OSIS lakukan ketika mereka menjabat sebagai pimpinan. Mengingat hal tersebut sangat penting, maka siswa harus benar-benar mampu memilih para calon ketua OSIS.

  1. Memberikan haknya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika setiap orang memiliki hak dan kewajiban termasuk kepada negaranya. Seseorang patut mengikuti segala aturan yang diterapkan oleh negaranya, dimana di Indonesia, masyarakat dipimpin oleh Presiden yang ada di bagian eksekutif, dan dibantu oleh bagian legislatif dan yudikatif. Sama halnya di sekolah siswa dipimpin oleh Ketua Osis yang dibantu oleh sie-sie atau pengurus osis lainnya. Dengan adanya kewajiban yang harus para siswa ikuti dan jalani, maka para siswa pun memiliki hak yang harus para siswa gunakan sebaik-baiknya. Untuk hal itu maka dalam pemilos, manfaat pemilos untuk siswa itu sendiri adalah mampu memberikan haknya, menyampaikan hak, atau mengutarakan haknya dalam pemilihan Ketua Osis.

Itulah beberapa manfaat pemilos yang sekolah harapkan. Untuk siswa yang belum pernah melakukan pemilihan mungkin menganggap pemilihan tersebut sangat mudah, namun yang harus diketahui adalah suara dari kita sangat menentukan keberlangsungan kegiatan di sekolah, oleh sebab itu harus benar-benar dapat memilih yang terbaik. Dalam pemilos Siswa harus mampu memberikan hak Siswa sesuai dengan hati nurani Siswa, jadi tidak hanya asal coblos ketika mengikuti pemilos.

(dikutip dari berbagai sumber)

Leave a Comment

Your email address will not be published.